Kegemaran Membaca Pada Generasi Muda

Sejauh ini minat membaca buku di Indonesia masih terbilang rendah. Kegemaran memperbanyak pengetahuan dan membuka cakrawala wawasan yang merupakan jaminan kemajuan suatu bangsa, tentu terancam. Buku seakan kurang bersahabat bagi generasi muda. Berbagai faktor memang berkelindan memberikan pengaruhnya pada kemauan serta hasrat membaca di kalangan masyarakat. Mulai dari tingkat kesejahteraan hingga kebiasaan yang dibangun di lingkungan keluarga juga berdampak pada minat ataupun kegemaran membaca.
Di lain sisi, membaca dipercaya bakalmemberikan dampak positif yang besar bagi kemajuan peradaban. Paling mudah terlihat, di suatu masyarakat yang gandrung akan budaya membaca, akan terlihat lebih produktif menemukan bermacam teknologi dan mengembangkan nilai-nilai sosial mereka.
Membaca sendiri sedikitnya akan memberikan manfaat bagi seseorang, yaitu :
a. Menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan
b. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah
c. Mempertajam tingkat pemikiran
d. Memiliki sikap obyektif terhadap masalah
e. selalu mementingkan fakta dan informasi

Guna memunculkan dan melecut semangat gemar membaca, setidaknya banyak langkah yang dapat ditempuh semua pihak. Langkah paling minimal ialah memajukan perpustakaan, dari isi hingga pengadaan fasilitas yang menunjang. Selain itu, terdapat pula cara yang berguna bagi menumbuhkan semangat hobi membaca di kalangan generasi muda. Setidaknya, generasi muda dapat terbiasa dengan aktivitas membaca buku, ketika mereka menyadari arti penting serta cara-cara membaca buku yang menyenangkan sehingga lebih pas buat mereka.
Berikut cara-cara menumbuhkan minat gemar membaca generasi muda:
1. Pertama mereka harus menganggap membaca buku itu sesuatu yang bisa meningkatkan kepercayaan diri, mereka harus menyadari bahwa membaca buku akan membawa mereka menemukan jatidiri dan nilai-nilai kepribadian.
2. Tumbuhkanlah rasa ingin tahu yang besar terhadap buku. Rasa penasaran akan menggugah generasi muda untuk menyelami lebih dalam sesuatu hal, termasuk membaca buku.
3. Kemudian ajak mereka mendapatkan pengalaman membaca buku yang menyenangkan, di mana terdapat tempat yang nyaman dan sejuk.
4. Ajak mereka menemukan hal-hal yang menarik dari buku yang dibaca, dengan itu mereka akan terangsang dan semakin penasaran untuk melahap habis buku itu.

[berbagai sumber/cw6]

Leave a comment